Sabtu, 23 April 2011

PEMROGRAMAN WEB - HTML 1





HTML 1
Charging Up, High Speed Low Drag

Aha, jadi anda ingin mulai belajar HTML nech ceritanya. OK, dengan materi ini saya yakin anda akan mampu segera memasteri HTML, mmm tepatnya HTML statik. Karena kalau anda ingin belajar HTML dinamik, anda harus juga mempelajari materi lainnya ^^.

Saya tidak akan berbuih menerangkan kepada anda apa itu HTML, bagaimana sejarah HTML, karena target saya bukanlah menjadikan anda lulus ikut ujian "Pengenalan HTML", tapi target saya menjadikan anda mumpuni, dan mampu membuat hompej, minimal hompej pribadi.

Baik, file HTML (HyperText Markup Language, hehehe tetep aja mendingan tau kepanjangannya :)) minimal terdiri dari perintah berikut:
<HTML>
<BODY>

Ini file HTML pertama saya. Klik "back button" pada browser untuk kembali.

</BODY>
</HTML>

Demikianlah file HTML yang paling sederhana. Dimulai dengan tag <HTML>, kemudian dilanjutkan dengan tag <BODY>, setelah itu isi dari file. Dan terakhir ditutup dengan dua tag berikut, </BODY></HTML>. Lihat ada tanda "/" pada setiap tag penutup.
Hey, tunggu apa lagi, buka notepad anda (saya katakan notepad bukan Microsoft
Frontpage dan software-software fancy lainnya - karena untuk memahami dasar HTML
secara baik, yang anda perlukan hanyalah notepad dan sebuah browser).

Ketik ulang kode di atas, atau kalau anda malas saya perbolehkan anda melakukan copy- paste. Kemudian simpan file anda dengan ekstension html, contohnya simpan dengan nama file1.html. Setelah itu buka file tersebut dengan browser favorit anda, mungkin Internet Explorer atau Netscape. Jrenggg ..... hehehe kelihatannya anda belum tertarik.

Kalau begitu kita harus cepat melaju. Berikutnya saya akan memberikan contoh tentang manipulasi teks. Seperti anda lihat di atas, kode-kode dalam file HTML selalu dibatasi oleh tag < ... >. Demikian pula untuk keperluan manipulasi teks ini, kita mempunyai beberapa tag yang dapat digunakan, seperti:

<B>Untuk membuat huruf tebal.</B>
<I>Untuk membuat huruf miring.</I>
<U>Untuk membuat garis bawah.</U>

Anda juga dapat memanipulasi teks dengan tag <FONT SIZE="bebas" COLOR="bebas" face="bebas"> teks anda</FONT>. Di sini size adalah ukuran huruf, color adalah warna yang anda inginkan (lihat saya ngefans dengan warna biru), dan face adalah jenis font yang digunakan. O, ya anda dapat menggabung lebih dari satu tag sekaligus, sebagai contoh <B><U>akan membuat huruf tebal yang bergaris bawah</U></B>.

 
Hanya jangan lupa jika tag pembuka berada di dalam, maka tag penutupnya juga sebaiknya di dalam, seperti tag <U> di atas. Baik kita lihat kembali contoh berikut:

<FONT COLOR="red">Ini warna merah.</FONT>
<FONT COLOR="blue">Ini warna biru.</FONT>
<FONT COLOR="green">Ini warna hijau.</FONT>
<FONT COLOR="yellow">Ini warna kuning.</FONT>
<FONT>Ini warna hitam (tanpa menulis color, tulisan anda berwarna hitam sebagai default. </FONT>

<FONT SIZE="1">Ini ukuran 1.</FONT>
<FONT SIZE="2">Ini ukuran 2.</FONT>
<FONT SIZE="3">Ini ukuran 3.</FONT>
<FONT SIZE="4">Ini ukuran 4.</FONT>
<FONT SIZE="5">Ini ukuran 5.</FONT>
<FONT SIZE="6">Ini ukuran 6.</FONT>
<FONT SIZE="7">Ini ukuran 7.</FONT>

<FONT FACE="Arial">Ini memakai font arial.</FONT>
<FONT FACE="Courier New">Ini memakai font courier new.</FONT>
<FONT FACE="Helvetica">Ini memakai font helvetica.</FONT>
<FONT FACE="Times New Roman">Ini memakai font times new roman.</FONT>
<FONT FACE="Verdana">Ini memakai font verdana.</FONT>
<FONT SIZE="4" FACE="Courier" COLOR="green"><B> Ini huruf tebal, memakai font CourierS, berukuran 4, berwarna hijau. </B></FONT>

Anda dapat melihat bahwa urutan antara FACE, SIZE, dan COLOR di dalam tag FONT tidak memiliki aturan baku, dalam arti anda bebas menulis mana duluan. Selain itu anda dapat menulis dengan huruf besar, seperti "FONT" maupun dengan huruf kecil, seperti "font". Keduanya akan memberikan hasil yang sama.

Anda juga dapat mengubah ukuran huruf dengan tag heading, yaitu <H1> sampai
<H6>, di mana <H1> adalah yang terbesar, dan <H6> adalah yang terkecil. Perhatikan contoh berikut:

<H1>Ini menggunakan

Heading 1</H1>


<H2>Ini menggunakan Heading 2</H2>

 
<H3>Ini menggunakan Heading 3</H3>

<H4>Ini menggunakan Heading 4</H4>

<H5>Ini menggunakan Heading 5</H5>

<H6>Ini menggunakan Heading 6</H6>

Terakhir, dalam memanipulasi tulisan, anda harus mengenal tiga tag berikut:
<CENTER> Tag ini berfungsi membuat tulisan berada di tengah.</CENTER>
<BR>: Tag ini berfungsi untuk membuat baris baru.
<P>: Tag ini berfungsi untuk membuat paragraf baru.</P>

Tag <P> mempunyai atribut align, seperti <P align="left"> yang membuat paragraf menjadi rata kiri, <P align="right"> yang membuat paragraf menjadi rata kanan dan <P align="center"> membuat paragraf menjadi berada di tengah.

Anda perlu mencoba menulis kode berikut menggunakan notepad dan mencobanya sendiri agar lebih memahami.

<HTML>
<BODY>

 
<H1>Pemakaian tag</H1>

<P align="right"><FONT COLOR="red"><B> Paragraf ini memberi contoh penggunaan tag P align="right" yang menyebabkan keseluruhan paragraf menjadi rata kanan. Penggunaan tag FONT COLOR="red" menyebabkan seluruh huruf berwarna merah, dan tag B menyebabkan semua menjadi huruf tebal. </B></FONT></P>

Sedang kalau paragraf ini memberi contoh <BR>
pengunaan tag BR. <BR>
Dapat anda lihat walaupun masih tersisa banyak space di kanan, dengan <BR>
menggunakan <BR>
tag BR tulisan dipaksa membuat baris baru. Tanpa tag BR tulisan akan terus mengalir membentuk paragraf yang wajar seperti yang sekarang anda baca. Tulisan tanpa tag BR ini hanya akan membentuk baris baru manakala space sudah habis terisi semua.

<P align="center">Sekarang adalah contoh penggunaan tag P align="center". Tag ini menyebabkan tulisan menjadi berada di tengah, seperti dapat anda lihat sekarang. Juga anda mungkin dapat merasakan perbedaan antara tag P dengan tag BR. Kalau tag BR hanya menyebabkan pindah ke baris baru, tag P menyebabkan lompat membentuk paragraf baru. </P>

 











0 komentar:

Posting Komentar